Drafter

Drafter


Gambar digunakan sebagai acuan dalam membangun suatu konstruksi bangunan/gedung dan pemasangan instalasi (Mekanikal, Elektrikal & Plumbing). Gambar juga merupakan suatu media komunikasi didalam suatu proyek agar konstruksi bangunan/gedung serta instalasinya dapat dibangun/terpasang sesuai dengan design yang diinginkan, jadi gambar merupakan satu bagian penting dalam proses pembangunan suatu proyek.

Drafter/Draftman/Juru gambar adalah seseorang yang berprofesi sebagai seorang penggambar. Drafter identik dengan gambar teknik, gambar yang akan dipakai untuk keperluan pembangunan suatu konstruksi bangunan/gedung beserta instalasinya (Mekanikal, Elektrikal & Plumbing).
Jadi pekerjaan Drafter itu apa saja? sebetulnya pekerjaan drafter itu hanya menggambar dan menyiapkan gambar kerja saja, mengaplikasikan coretan tangan atau konsep dari  designer/engineer ke PC/Laptop menggunakan software pendukung cad. Dari penggambaran menggunakan cad sampai cetak gambar ke kertas yang di butuhkan.
Tetapi karena persaingan didunia kerja semakin ketat dan berbagai pertimbangan serta kebutuhan suatu perusahaan maka pekerjaan seorang drafter secara umum terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya ;

  1. Membuat gambar kerja/teknik berdasarkan design/konsep dari designer/engineer di media PC/Laptop dengan software pendukung cad untuk keperluan tender, keperluan proyek (shop drawing atau asbuilt drawing), yang belum paham soal shop drawing dan asbuilt drawing silahkan kunungi laman Shop Drawing & As Built Drawing
  2. Edit atau Revisi gambar.
  3. Mencocokkan gambar dengan kondisi nyata/lapangan.
  4. Kordinasi dengan engineer/PM/SM mengenai design gambar/instalasi untuk keperluan proyek.
  5. Cetak gambar atau penyajian gambar dengan skala yang dibutuhkan. 
tugas diatas dapat berkurang atau bertambah sesuai dengan kebutuhan atau standard job desc yang ditentukan oleh perusahaan.

Drafter untuk pekerjaan proyek building pada umumnya terbagi menjadi beberapa disiplin, diantaranya ;

  1. Drafter Arsitek : Tugasnya adalah membuat denah/layout suatu bangunan dimulai dari tampak atas, tampak depan, tampak samping, tampak belakang, potongan, dan detail. Design dan konsep bangunan itu sendiri biasanya sudah ditentukan oleh engineer/Arsitek berdasarkan hasil rapat dengan user.
  2. Drafter Sipil & Struktur : Tugasnya adalah membuat gambar untuk pekerjaan bangunan/gedung,jalan, jembatan dan lain-lain.
  3. Drafter Mekanikal : Tugasnya adalah untuk membuat instalasi AC, Fire Fighting, Plumbing, Lift dan Gondola.
  4. Drafter Elektrikal : Tugasnya adalah untuk membuat instalasi Arus Kuat seperti Pencahayaan, Stop kontak, Sumber daya cadangan dan pembumian (penyalur/penangkal petir).
  5. Drafter Elektronika : Tugasnya adalah untuk membuat instalasi Arus Lemah seperti CCTV, MATV, Tata Suara, Fire Alarm, Access, Telepon
Kurang lebih dari disiplin diatas tergantung kebutuhan proyek dan perusahaan.

Untuk didunia kerja (perusahaan), drafter terbagi menjadi 2, diantaranya;


A. Drafter Konsultan   Membuat gambar kerja untuk kebutuhan perencanaan/design development/for construction dan estimasi biaya berdasarkan hasil kordinasi dengan user yang nantinya akan di tenderkan dengan kontraktor sebagai pedoman atau acuan untuk pelaksanaan proyek. Biasanya untuk drafter konsultan posisinya diam di kantor, hanya sesekali ke lapangan untuk kordinasi dengan drafter kontraktor. 

B. Drafter Kontraktor   Membuat gambar kerja untuk kebutuhan gambar pelaksanaan/shop drawing dan menyesuaikan antara gambar perencanaan dengan kondisi nyata di lapangan sampai tahap as built drawing. (terkadang teori dan pelaksanaan pasti berbeda). Biasanya untuk drafter kontraktor posisinya site/proyek, tetapi ada juga yang dikhususkan diam di kantor.
Syarat apa saja yang harus kita miliki agar menjadi seorang drafter yang memiliki daya saing dan handal??

  • Dapat mengoperasikan program pendukung CAD.
  • Dapat memaksimalkan Command-command CAD.
  • Dapat membaca gambar.
  • Dapat berimajinasi (untuk membayangkan kondisi bangunan/instalasi yang sedang kita buat).
  • Selalu mencari dan upgrade teknik baru dalam penggambaran menggunakan CAD.
  • Dapat menggambar dengan cepat dan efisien.
  • Jam terbang.
Jadi secara garis besar Drafter itu salah satu posisi/bagian terpenting dalam suatu proses pembangunan, karena drafter lah yang menyiapkan atau menyajikan gambar kerja.. Setuju??

Informasi mengenai kursus autocad / kursus drafter silahkan klik

6 comments:

  1. pak tolong ajarkan saya untuk menjadi seorang drafter. saya ingin bekerja menjadio drafter tapi saya masih pemula dan belum punya pengalaman. tolong saya pak.

    zulfikarmaulana98@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru mereply pertanyaanya, saya kirim via email ya pak..
      Terima Kasih.

      Delete
  2. Seperti seorang desainer grafis, tapi ini lebih ke sarana pribadi, hehe. tempat kursus di jogja ada tidak? Mohon bantuannya saya sangat ingin jadi drafter. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru membalas..
      Untuk di jogja belum ada, alternatif bisa online seperti yang sudah" Pak/Bu..

      Delete
  3. Saya pemula nih mas angga bisa mnta di mentorin please...

    Farreluno22@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas 😊
      Yg penting dasarnya punya niat kuat dan sabar dalam proses belajar, tidak terburu".. 😊

      Delete